Cara mudah membuat Paspor

Persyaratan dan Cara Membuat Paspor Baru Tahun 2015
Paspor adalah sebuah dokumen resmi yang menjadi salah satu persyaratan apabila kita ingin melakukan perjalan ke luar negeri, cara membuat paspor bisa dilakukan di tempat sendiri saya sendiri membuatnya di kota bandung
Secara umum, paspor terbagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah Paspor Hijau yang merupakan paspor bagi warga negara biasa atau paspor untuk masyarakat umum. Jenis kedua adalah Paspor Biru yang merupakan paspor untuk pejabat pemerintahan ataupun lembaga diplomasi atau kedutaan besar Indonesia di luar negeri.

Paspor memiliki masa berlaku selama 5 tahun
 
img src: gitasilvia1712.blogspot.com
Inilah persyaratan dan cara membuat paspor terbaru 
  1. Siapkan dokumen Akte kelahiran, Kartu Keluarga dan KTP untuk Nama pada Akte Keluarga dan KTP usahakan sama persis jangan ada perbedaan karena jika ada peunlisan nama yang berbeda misalkan di KTP M andri dan di KTP Muh Andri maka proses pembuatan Paspor tidak bisa dilakukan
  2. Persiapkan Copy dari masing-masing dokumen, jika memang tidak sempat memfotocopy nya tidak masalah karena di kantor imigrasinpun sudah tersedia fotocopy, yang penting usahakan anda membwa dekomen pada point nomer 1 dengan lengkap
  3. Datang ke Kantor Imigrasi setempat yang ada di wilayah Kabupaten atau Kota untuk iwlayah bandung ada di jalan suci
  4. Setelah sampai, Anda harus mengantri untuk mendapatkan formulir permohonan paspor t. Formulir ini sudah tersedia di loket permohonan paspor di kantor imigrasi tersebut. Usahakan datang jam 7 pagi, karena jika anda datang siang maka tidak akan kebagian karena kuota untuk membuat paspor yakni 150 orang
  5. Isi formulir tersebut sesuai dengan dokumen resmi yang anda miliki. Usahakan tidak ada kesalahan dalam mengisi formulir tersebut. Jika ada yang bingung coba tanyakan pada petugas di kantor imigrasi yang bertugas untuk membantu proses pengisian formulir.
  6. Formulir yang sudah anda isi diserahkan ke loket pendaftaran untuk pembuatan paspor baru anda sesuai nomer antri pada formulir yang kita dapat
  7. Jika formulir anda sudah lengkap, anda akan mendapatkan bukti tanda terima serta jadwal untuk pengambilan sidik jari serta foto untuk paspor anda. Pelaksanaan foto ini bisa dilakukan di hari yang sama atau di hari berikutnya jika antrian masih panjang.
  8. Setelah proses sidik jari dan juga foto, maka selanjutnya aka nada tahap wawancara yang bermaksud untuk mencocokkan dokumen asli anda dengan keterangan yang anda tulis pada formulir pembuatan paspor.
  9. Setelah proses wawancara dan foto selesai anda tinggal membayar biaya pembuatan paspor ke Bank BNI terdekat dengan biaya 355.000 ditambah biaya administrasi 5000 jadi total dari pemubuatan paspor baru tahun 2015 ini adalah 360.000 bersih tanpa ada biaya suap hhe
  10. Setelah melakukan pembayaran cobalah datang paling cepat 3 hari kemudian
- Permohonan Paspor biasa dapat diajukan oleh warga negara Indonesia:
  1. di wilayah Indonesia
  2. di luar wilayah Indonesia
- Macam-macam paspor
  1. Paspor biasa
  2. Paspor biasa elektronik
- Permohonan Paspor biasa dapat diajukan secara :
  1. Manual (vsit)
  2. Elektronik.

98 comments for "Cara mudah membuat Paspor"

  1. Mas nanya, pagi itu antriannya bisa diwakilin ga ya? saya baru mau bikin besok pagi, cuman rumah jauh bgt, mau minta tlg temen yang tinggalnya deket situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya gabisa mba
      coba aja nginep dirumah temennya sebelum buat passpor :D

      Delete
  2. Kalau status pekerjaan di KTP masih pelajar padahal saya sudah lulus dan bekerja, apakah saya harus menyertakan copy/asli slip gaji saya?Mohon bantuannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tujuan keberangkatannya, kalau wisata gpp tapi kalo emang untuk bekerja ya harus merubah status KTP, dan untuk slip gaji tidak perlu karena sewaktu mengisi formulir ada kisaran nominal pendapatan

      Delete
  3. Passport saya expire 3 th yg lalu bagaimana mengurus utk perpanjangan ???

    ReplyDelete
  4. Passport saya expire 3 th yg lalu bagaimana mengurus utk perpanjangan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. datang ke kantor imigrasi untuk membuat paspor baru, kisaran biaya Rp. 300.000,- (maaf jika salah)
      Berkas yang diperlukan:
      Akte lahir asli dan fotocopy
      Kartu Keluarga asli dan fotocopy
      KTP asli dan fotocopy
      Paspor lama asli dan fotocopy bagian halaman paling depan & belakang

      Delete
  5. mas. kalau saya pake ktp bogor, sementara saya buat pasport di imigrasi jambi bisa ngga? atau tempat pembuatan harus sesuai ktp? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek online
      pihak imigrasi jambi bisa melayani ga
      setau saya tidak bisa,
      xample: saya warga cimahi namun membuat paspor di bdg karena
      memang harus membuat paspor di bdg

      Delete
  6. maav saya mau tanya, kira2 slip pembayaran dari bank itu perlu segera diserahkan ke imigrasi lagi apa pas pengambilan passport aja di bawa? tlg di bls ya..urgent..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pas pengambilan aja :)
      asal pembayaran selesai sebelum tempo

      Delete
  7. Ow gitu ya? Sya lupa nnya tadi..baru saja abis wawancara + foto td pagi..dksi surat untuk pembayaran ke bank..ktnya passportnya jd tgl 10 jun..brrti slipnya di bawa 10 jun aja ya..ok tks ya

    ReplyDelete
  8. Rencana sih mau bayar bsk...tks info nya ya

    ReplyDelete
  9. Jikalau akte lahir nga ada,bisa pake ijasah nga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akte lahir, ijazah, surat nikah bisa dipilih salah satu

      Delete
    2. Ga ada akte. Pake surat nikah aja bisa?

      Delete
  10. Klo blom ppnya ktp bisa gk buat paspor

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk dibawah umur bisa menggunakan KK tp untuk dewasa wajib menyertakan KTP

      Delete
    2. Maaf gan ane mau tanya klo ga ada akte bisa pake ijasah nya sd/smp/sma tolong di share ya thanx

      Delete
    3. ijasah akhir, bisa pake ijasah SMA :)

      Delete
  11. Ma'af mau tanya mas.. saya kan pelajar jogja namun asli saya pati bisa tidak buat pasportnya dijogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika didaerah pati memang tidak ada, bisa buat di jogja :D

      Delete
  12. Maaf, saya mau nanya.. ktp saya sekrg masih stts pelajar, tpi sebenarnya saya sudah menjdi krywan swasta.. rencnnya sya buat paspor untuk menljtkan pendidikan di luar. Apa perlu saya ganti stts saya sebgai krywan swasta, ataw tidak perlu di ganti. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bls, Paspor itu tanda pengenal pengganti KTP di luar negeri, isinyapun mengikuti. saran saya ganti dulu statusnya supaya tidak mengganggu dikemudian hari

      Delete
  13. Maaf, mau berbagi pendapat.. kayaknya mau buat paspor aja agak ribet. Saya liat di negara tetangga, mau buat paspor aja amat mudah. Gak perlu tunggu lain hari, satu hari (gak nyampe) udah siap. Misal di Malaysia, cukup dengan MyKad (Indo=KTP). Apa mungkin kerna MyKad punya Malaysia sudah ada 'cip' elektronik?? Kapan Indo ada KTP kayak MyKad, pasti deh jadi mudah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sebenernya buat paspor di indonesia ribet ribet gampang, mungkin jumlah penduduk menjadi alasan kenapa ada proses mengantri termasuk dalam membuat paspor belum lagi ada bagian pekerjaan yang kurang perlu dan akhirnya menjadi kurang efektif, tapi pemerintah kita juga orang yg paham termasuk bagian imigrasi, selama kita mengikuti aturan dan persyaratan buat paspor itu hal yang mudah.. dan untuk mykad hehe emang lebih canggih dan fungsional ketimbang ektp, tp setidaknya kita sudah membuat perubahan sistem sehingga data penduduk menjadi terpusat. kita doakan saja mas semoga sistem yg dibuat pemerintah lebih baik dan masyarakatpun patuh mengikuti

      Delete
    2. Ya btol.. sebagai orf Malaysia sy bangga dengan imegresyen sy.. tp nanti dulumm rasuah @ sogokan tetap wujud di pasukan polisi kami.. sama aja.. cumq nega indo lagi teruk.. sampai di kaunter pun bisa sogok.. kalau di Malaysia cuba sogok pegawai di kaunter.. terus digari ...

      Delete
  14. Maaf mas saya mau nanya passport saya keluaran KBRI Singapore tapi masanya sudah mau habis trus kalau saya buat passport baru Di Indonesia dng alamat baru bisa enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba, diperbaharui dengan alamat yang baru

      Delete
  15. Mau buatin orang tua paspor. adanya kenal lahir ma surat nikah boleh g? Trus waktu ke kantor imigrasi buat ngambil formulir bisa di wakilkan kah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba, untuk pengambilan formulir juga bisa diwakilkan, asal dibawa surat kenal lahir dan surat nikahnya

      Delete
    2. mas klo akte ijazah sama surat nikah ga ada, kk sama ktp sesuai, trs pake kenal lahir, bsa ga ya?

      Delete
  16. Mau buatin orang tua paspor. adanya kenal lahir ma surat nikah boleh g? Trus waktu ke kantor imigrasi buat ngambil formulir bisa di wakilkan kah mas?

    ReplyDelete
  17. Maaf mz mau tanya klo tanggal lahir yg di ktp sm di KK beda gmna ya mz.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dirubah dulu supaya sama, kemarin juga ada yang beda harus diperbaiki dulu

      Delete
  18. Mau nanya pa...kalo pns syarat rekomendasi dari pimpinan wajib ya ada. Terima kasih

    ReplyDelete
  19. mau tanya Mas, Ibu saya mau buat paspor baru, tetapi ada perbedaan pada gelar yang tercantum pada nama, di AKTE KELAHIRAN namanya RR. SRI HENI BUDI, sedangkan di KK, namanya RR.SRI HENI BUDI, SIP, pada KTP namanya SRI HENI BUDI, karena petugas pembuat KTP bilang bahwa tidak boleh ada gelar apapun pada KTP, bagaimana Mas, bisa tidak buat Paspor tanpa merubah nama tersebut, Ibu saya keperluannya untuk Umroh.terimakasih.

    ReplyDelete
  20. Alamat asli saya dan tertera di KTP-nya Cianjur, tapi saya mau buat Pasport di Bandung bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba saya juga orang cimahi buat paspor di bandung

      Delete
    2. Mau naya nich mas saya cuma ada ktp dan kk bisa buat paspor ngak ya ,,btw saya sudah pernah punya paspor tapi alamat beda, ,dulu di jawa sekarang di ntt ,,,

      Delete
  21. mohon infonya kalau bisa disms-kan ke no. ini: 089674210808

    ReplyDelete
  22. Bagaimana mas kalau di ktpku dan akte kelahiranku itu syamsul bahri. Sedangkan di ijasah2 ku mulai sd sampai smk dan sertifikat pelautku juga syamsul bakhri. Saya mau urus paspor pake namaku di ijazahku.. Bagaimana apa bisa mas.?? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus disamakan mas tapi kalo udah terlanjur di ijazah dengan nama syamsul bakhri mendingan buat akte kelahiran baru nama sesuai dengan ijazah

      Delete
  23. Maaf gan mau nanya... Kalo KTP saya KTP padang... Saya sekarang tinggal di bandung... Bisa gak saya bikin paspor di bandung

    ReplyDelete
  24. Nama di ktp sm kk beda sama di akte dll apa perlu dirubah dlu ( yg betul yg di akte n ijazah )

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dirubah terlebih dahulu, lebih baik disesuaikan dengan nama yang ada di ijazah

      Delete
  25. Maaf mas mau tnya..klo misalkan syartnya ga pke ijasah bisakah??dngr"hrs ada ijasah asli..bnrkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tujuannya, kalo untuk wisata ga perlu tapi kalo untuk pekerjaan harus ada

      Delete
  26. Mas mau tanya, kalo membuat pasport utk anak saya, apa perlu datang juga saat foto, atau bisa saya bawa pas foto saja ? Trims

    ReplyDelete
  27. Mas mau tanya, kalo membuat pasport utk anak saya, apa perlu datang juga saat foto, atau bisa saya bawa pas foto saja ? Trims

    ReplyDelete
  28. Mas mw nanya,nama sy di ijazah sm akte megawati,tp di kk dan ktp,megawati oktaviani,mana yang harus sy rubah y.bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dirubah yang mana saja mba, tapi menurut saya lebih mudah mengganti nama di kk dan ktp

      Delete
  29. kalo kk asli y ilng . cumn ada potocopian sama ijazah sama ktp asli sj tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rekomendasikan buat kk baru / yg photocopian dilegalisir di kecamatan

      Delete
  30. Mas,,mau tny..apakah perlu bawa surat rekomendasi perusahaan utk buat pasport baru selain ktp,kk dan ijasah?

    ReplyDelete
  31. Mas,,mau tny..apakah perlu bawa surat rekomendasi perusahaan utk buat pasport baru selain ktp,kk dan ijasah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tujuannya, untuk wisata ga perlu tp yg berhubungan dengan pekerjaan perlu

      Delete
  32. Mas mau tanya, kira2 untuk pembuatan pasport itu bisa menggunakan ktp sementara ga? Soalnya masa berlaku ktp saya sudah habis mau perpanjang ktp ternyata blanko untuk pembuatan ktp di catatan sipil itu baru tersedia bulan desember, sedangkan saya butuh banget akan paspornya. Bisa ga kira2? Thanks

    ReplyDelete
  33. Mas mau tanya, kira2 untuk pembuatan pasport itu bisa menggunakan ktp sementara ga? Soalnya masa berlaku ktp saya sudah habis mau perpanjang ktp ternyata blanko untuk pembuatan ktp di catatan sipil itu baru tersedia bulan desember, sedangkan saya butuh banget akan paspornya. Bisa ga kira2? Thanks

    ReplyDelete
  34. Mas bagaimana klo ada perbedaan sdikit nama di akta kelahiran dg ktp,kk (ktp dan kk sama)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus disamakan, lebih baik rubah nama di KTP dan KK disamakan dengan akta kelahiran

      Delete
  35. Mas mau tanya untuk prpnjang klo ktp hanya pptocopy /surat ktrangan pmbuatan ktp gmna ya kbtulann ektp saya blm jadii

    ReplyDelete
  36. Mas mau tanya untuk prpnjang klo ktp hanya pptocopy /surat ktrangan pmbuatan ktp gmna ya kbtulann ektp saya blm jadii

    ReplyDelete
  37. Maaf mau tanya mas, kalo untuk pembuatan paspor online kira-kira berapa hari ya proses nya setelah melakukan wawancara dan foto? .. saya kedapetan tanggal 19 untuk wawancara dan foto padahal tanggal 26 sudah harus berangkat. :(
    mohon infonya.. terima kasih..

    ReplyDelete
  38. Mas, mau tanya klo di web imigrasi itu khan ada paspor 24 halaman tp kenapa via online opsi'y cm 48 halaman ya.? Lumayan khan mas beda'y 200rb.. Tq

    ReplyDelete
  39. Kalau bikin pasport ga pake surat nikah bsa ga

    ReplyDelete
  40. Kalo ktp aceh buat paspor di bogor bisa gak ya??

    ReplyDelete
  41. paspor saya hilang,klo mw bikin baru harus matrik brpa ya kura kira,?tahun kadaluarsanya 2017

    ReplyDelete
  42. paspor saya hilang,klo mw bikin baru harus matrik brpa ya kura kira,?tahun kadaluarsanya 2017

    ReplyDelete
  43. Mau nanya mas, kalo akte ijazah asli nya gak ada tapi hanya ada copy an nya bisa gak ya? Surat nikah juga gak ada karena blom nikah....gmn ya?yg asli hanya ada ijazah smp bisakah?

    ReplyDelete
  44. Mas mau tanya kalau di surat kenal lahir dan ijazah nama ayah berbeda karena diambil nama belakang nya saja, bgm solusi nya ? Trimskh

    ReplyDelete
  45. Di formulir ppri kan ada kolom nama, alamat, dan ttl orang tua mas. Nah kalo di KK itu cuma Nama saya gimana ?? masalahnya saya di perantauan

    ReplyDelete
  46. Biaya pembuatan paspor di seluruh Indonesia itu apa sm?

    ReplyDelete
  47. Gan mau tanya nih, saya mau buat paspor baru, tapi nama di KTP dan KK saya beda satu huruf saja dengan ijazah dan surat lahir saya,yg harusnya sepvianto di kk sevianto. Apakah surat keterangan dari kecamatan bisa gak ya gan sambil nunggu revisi KK dan KTP saya . thanx

    ReplyDelete
  48. Gan mau tanya nih, saya mau buat paspor baru, tapi nama di KTP dan KK saya beda satu huruf saja dengan ijazah dan surat lahir saya,yg harusnya sepvianto di kk sevianto. Apakah surat keterangan dari kecamatan bisa gak ya gan sambil nunggu revisi KK dan KTP saya . thanx

    ReplyDelete
  49. Apa harus pake akte kelahiran asli? Klo pke fotocopyan gimna???

    ReplyDelete
  50. saya kok mau bikin paspor di persyaratannya harus booking tiket dulu ya?? kalo gak ada itu gak bisa bikin paspor

    ReplyDelete
  51. Mas saya mau tanya
    Kalo di ijazah terakhir saya nama orang tua saya a.junaidi aja tapi di kartu keluarga a.junaidi h.abdillah ada masalah ga yah di pembuatan paspor ? Tolong dijawab terimakasih

    ReplyDelete
  52. Mas saya mau tanya
    Kalo di ijazah terakhir saya nama orang tua saya a.junaidi aja tapi di kartu keluarga a.junaidi h.abdillah ada masalah ga yah di pembuatan paspor ? Tolong dijawab terimakasih

    ReplyDelete
  53. kalo pake KTP,KK sama BUKU NIKAH bisa gak yaa.. soalnya ijazah sama akta kelahiran hilang

    ReplyDelete
  54. kalo pake KTP,KK sama BUKU NIKAH bisa gak yaa.. soalnya ijazah sama akta kelahiran hilang

    ReplyDelete
  55. Gan mau tanya nih mau buat paspor wisata ke malaysia apakah berkas seperti KK KTP Akte IJasah harus legalisiran atau ga.dibmalaysia
    Trus misal di malaysia ada pekerjaan dan saya ambil kerjaan disana apakah bisa perubahan paspor dari pelancong ke paspor TKI dilakukan di Malaysia ? Makasih

    ReplyDelete
  56. DANA TUNAI DGN JAMINAN BPKB KENDARAAN

    BERLAKU UTK SELURUH INDONESIA (krn kantor cab ada di seluruh indonesia)

    FINANCE TERPERCAYA

    HUB : 0812 3708 3993 / 0878 8700 7881

    ReplyDelete
  57. Gan, mau nanya dong. Paspor ane 3 bulan lg mw expired. Mau perpanjang tp dokumennya gk lengkap. Ijazah, akte n kk ada yg asli tp ktp yg asli ilang jadinya ktp adanya copy-an doang. Bisa gak ya gan? Info dong gan... Tx

    ReplyDelete
  58. Saya mau tanya, Saya mau buat paspor, ktp dan surat nikah Saya tanpa gelar, tapi kk Saya ada gelar akademik, bisa ngak ya

    ReplyDelete
  59. mau tanya kalau mau buat pasport untuk anak tp orang tua nya tidak ada surat nikah bagaimana ya? apakah bisa?

    ReplyDelete
  60. Saya mau tanya. Pada KTP dan Kartu Keluarga nama saya menggunakan gelar sekolah tetapi pada akte tidak ada. Misl pada KTP dan Kartu keluarga nama saya Deni Hartono, SE dan di akte Deni Hartono.
    Apakah jadi masalah dalam pembuatan passport.
    Terima kasjh

    ReplyDelete
  61. Mas, saya mo tanya ni...klo saya mo membuatkan paspor utk ibu saya tp ibu saya tidak ikut ke kantor imigrasi di sertai surat kuasa bisa gak ya?soalya ibu saya sdh lansia.. kl jln hrs pake tongkat kaki 4..solusinya bagaimana ya mas? Kl soal dokumen.. ibu saya e-KTP jogja, KK, Akta kelahiran..trimakasih

    ReplyDelete
  62. Mas, saya mo tanya ni...klo saya mo membuatkan paspor utk ibu saya tp ibu saya tidak ikut ke kantor imigrasi di sertai surat kuasa bisa gak ya?soalya ibu saya sdh lansia.. kl jln hrs pake tongkat kaki 4..solusinya bagaimana ya mas? Kl soal dokumen.. ibu saya e-KTP jogja, KK, Akta kelahiran..trimakasih

    ReplyDelete
  63. Boleh ga kalau buat pasport ga ada tujuan, maksudnya untuk jaga-jaga kalau suatu saat nanti mau pergi ke luar negeri heheheh

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. Malam mas, saya ingin membuat pasport tapi ijasa tertinggal dirumah orang tua, klo hanya dengan ktp dan buku nikah sama surat pengatar dari kantor bisa kah, untuk keperluan training

    ReplyDelete
  66. Apakah proses tersebut memerlukan ijasah dari sd sampai smk (terakhir )
    Karena nma saya di akte ,kk , ktp sesuai ijasah smk , tpi ijasah smk beda dengan ijasah sd dan smp .. Ijasah sd dan smp sama

    ReplyDelete
  67. Saya mau tanya apa bisa bikin paspar tanpa surat nikah,sementara surat nikah kami terbakar waktu musibah kebakaran

    ReplyDelete
  68. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses sekarang. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sahra Atifah biasa di panggil Sahra, dulu Saya bekerja di salah satu Seafood restaurant di Dubai, tapi saya sudah menyerah tinggal disana. Tapi saya tetap ikhtiar. Dulu pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya orang tua di kampung, sedangkan hutang banyak, kebetulan buka-buka internet mendapatkan website jobstkwluarnegeri.blogspot.com waktu itu saya buka alamat nya di google. Dan Kebetulan ada nama Mbah Suro katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan Pesugihan Dana Ghaib. dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri menhubungi langsung nomernya +6282354640471 dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya. Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya dengan Pesugihan Dana Ghaib nya. Dan alhamdulillah benar-benar terbukti nyata hasil nya sekarang. terima kasih banyak ya allah atas semua rejekimu ini. Beliau juga bisa bantu seperti Pesugihan Anka nomor Togel, Penglaris Usaha/Dagang, Jampi pelet, dll...

    ReplyDelete